Penulis Utama : Ana Solikhah
NIM / NIP : K8115005
×

ABSTRAK

Penelitian iniiibertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui Teams Games Tournament (TGT) pada anakkkelompok B TK YPAB Permata Hati tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tigaasiklus yang tiap siklusnya terdiri dari duaakali pertemuan. Setiappsiklus terdiridddari perencanaan,npelaksanaan, pengamatan, dannrefleksi. Subjekkdalam penelitianiiniiadalah anak kelompok B TKkYPAB Permata Hati tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 15 anak, yang terdiri dari anak lak-laki sebanyak 7 orang dan.anak perempuan sebanyak 8 orang.
Teknikkpengumpulanndata dalam penelitianniniimenggunakannobservasi, wawancara, dokumentasi, danttes. Teknik uji validitassdata yangddigunakan adalah triangulasissumberddan triangulasi teknik. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis kualitatif menggunakan model nteraktif. Indikator dakam penelitian ini antara lain, (1) menyebutkannlambangbbilangann1-10, (2) menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah objek, (3) menghitung hasil penjumlahan 1-10, (4) menghitung hasil pengurangan 1-10.
Hasil pratindakan memiliki persentase ketuntasan sebesar 40% atau sebanyak 6 anak yang memperoleh nilai tuntas. Kemampuannberhitung permulaan anak pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 53,33% atau 8 anakyyang memperoleh nilai tuntas. Peningkatan berlanjut pada siklus II yaitu sebanyak 66,67% atau 10 anak memperoleh nilai tuntas. Peningkatan kembali terjadi pada siklus III yaitu sebanyak 80% atau 12 anak yang memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkannkemampuan berhitung permulaan anakkkelompok B TK YPAB Permata Hati tahun ajaran 2018/2019.

Katakkunci: berhitung permulaan, Teams Games Tournament (TGT), anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Ana Solikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115005
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournamenti (TGT) pada anak kelompok KB TK YPAB Permata Hati tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Programm Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8115005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.,
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.