Penulis Utama : Alysyah Pratiwi
NIM / NIP : I8714006
×

Tahu merupakan salah satu makanan yang sangat diminati masyarakat Indonesia, selain bergizi tahu juga menunjang ketersediaan pangan nabati yang dibutuhkan untuk kesehatan masyarakat. Namun disamping manfaat tersebut, dalam pembuatan tahu juga menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan apabila  tidak  dikelola  dengan  baik.  Oleh  karena  itu  perlunya  pengolahan  air limbah  hasil  dari  pembuatan  tahu  tersebut.  Salah  satu  metode  yang  dapat digunakan adalah melalui kolom reaktor.


Metode pengolahan yang digunakan adalah menggunakan reaktor kolom. Media yang digunakan berupa ampas tebu kering dan arang ampas tebu. Arang ampas tebu  merupakan  arang  hasil  olahan  pembakaran  dari  ampas  tebu  yang  telah melalui pengeringan terlebih dahulu. Manfaat dari penelitian ini  adalah untuk mengembangkan teknologi pengolahan limbah yang sederhana murah dan mudah di dapat.


Dari  percobaan  yang  telah dilakukan  TSS  pada reaktor  kolom  dengan  media ampas tebu kering mengalami penurunan sebesar 87,19%, untuk media arang ampas tebu mengalami penurunan TSS sebesar 18,97%. Kadar COD pada reaktor kolom dengan media ampas tebu kering mengalami kenaikan sebesar 32,22%, sedangkan untuk media arang ampas tebu mengalami penurunan sebesar 23,68%. Kadar BOD pada raktor kolom dengan media ampas tebu kering mengalami kenaikan sebesar 20,52%, untuk media arang ampas tebu mengalami kenaikan sebesar 22,79%.

 

Kata Kunci : limbah cair tahu, reaktor kolom, ampas tebu, pengolahan

×
Penulis Utama : Alysyah Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8714006
Tahun : 2017
Judul : Pengolahan limbah tahu melalui reaktor kolom dengan bahan organik ampas tebu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Sipil-I8714006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Koosdaryani Soeryodarundio, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.