Penulis Utama : Febriana Haryati
NIM / NIP : K1515025
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) relevansi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dengan kebutuhan perusahaan jasa konsultan konstruksi, (2) usaha yang dilakukan perusahaan jasa konsultan konstruksi terhadap kompetensi lulusan SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah silabus dan wawancara. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampel purposive sampling yang bersifat snowball sampling.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) relevansi kompetensi sekolah dengan DUDI sebesar 100%; tidak ada kompetensi yang diajarkan di sekolah tetapi tidak dibutuhkan DUDI; dan tidak ada kompetensi yang dibutuhkan DUDI tetapi tidak diajarkan di sekolah, (2) kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK sudah sesuai dengan perusahaan namun masih perlu dilakukan pengembangan diri dari individu untuk dapat menghadapi tantangan dalam dunia kerja; diperlukan kompetensi pengetahuan dan sikap dalam dunia kerja; lulusan SMK diharapkan untuk melajutkan pendidikan S1 agar dapat mengembangkan diri tidak hanya sebagai seorang drafter; kesempatan saat Kerja Praktek harus dimanfaatkan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin yang nantinya akan berguna saat memasuki dunia kerja.

Kata kunci: SMK, DPIB, kompetensi, relevansi, DUDI.

 

×
Penulis Utama : Febriana Haryati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515025
Tahun : 2019
Judul : Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515025-2019
Kata Kunci : SMK, DPIB, kompetensi, relevansi, DUDI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. A.G. Tamrin, M.Pd, M.Si.
2. Aryanti Nurhidayati, ST., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.