Penulis Utama : Priyangga Dyah Ayu Pitaloka
NIM / NIP : K4215047
×

Sumber materi ajar pariwara dalam pembelajaran bahasa Jawa masih terbatas. Guru dan siswa kesulitan untuk mencari sumber materi ajar yang layak digunakan dalam pembelajaran. Pariwara radio diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran bahasa Jawa di tingkat sekolah menengah atas kelas 11 semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk dan makna kohesi leksikal pada iklan radio berbahasa Jawa; (2) mendeskripsikan relevansi bentuk dan makna dari kohesi leksikal iklan radio berbahasa Jawa sebagai materi pembelajaran pariwara di SMA.
Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Gemolong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis isi pada iklan radio berbahasa Jawa. Data dalam penelitian ini adalah data kohesi leksikal iklan radio berbahasa Jawa dan data relevansi iklan radio berbahasa Jawa sebagai materi ajar pariwara di SMA. Sumber data yang digunakan yaitu dokumen berupa hasil transkripsi rekaman iklan berbahasa Jawa periode Maret-April 2019 dan informan yang terdiri dari ahli bahasa dan sastra, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, kajian dokumen, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis mengalir.
Berdasar hasil penelitian yang dilakukan, bentuk kohesi dalam wacana iklan radio berbahasa Jawa cukup baik karena lengkap mengandung semua bentuk kohesi leksikal sehingga berbentuk kohesif dan bermakna padu karena tuturan dengan maksud tuturan memiliki makna yang sama. Bentuk kohesi leksikal yang terdapat dalam wacana iklan radio berbahasa Jawa dalam penelitian ini terdiri atas repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, ekuivalensi, dan hiponimi. Kajian kohesi leksikal dapat digunakan sebagai teori untuk mengkaji wacana nonsastra. Wacana nonsastra iklan radio berbahasa Jawa relevan dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Jawa kelas XI semester genap pada kompetensi dasar menelaah teks iklan berbahasa Jawa dan menulis teks iklan berbahasa Jawa.

Kata Kunci: bentuk dan makna kohesi leksikal, iklan radio berbahasa Jawa, materi ajar pariwara.

 

×
Penulis Utama : Priyangga Dyah Ayu Pitaloka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215047
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kohesi dalam Iklan Radio Berbahasa Jawa serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Pariwara di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215047-2019
Kata Kunci : bentuk dan makna kohesi leksikal, iklan radio berbahasa Jawa, materi ajar pariwara.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.,
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.