Penulis Utama : Hanishalima Eka Mukti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116035
Tahun : 2019
Judul : Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi akademik mahasiswa prodi D.III Kebidanan fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Kebidanan-R1116035-2017
Subyek : MEDIA SOSIAL
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Mahasiswa merupakan peringkat pertama pengguna internet terbesar di Indonesia (9,7%). Media sosial sendiri merupakan salah satu bentuk dari perkembangan internet. Media sosial tidak hanya memberikan dampak positif namun juga dampak negatif bagi mahasiswa. Intensitas penggunaan media sosial dimungkinkan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Prestasi akademik sendiri merupakan indikator penguasaan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi D.III Kebidanan FK UNS.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar Sampel adalah 40 mahasiswa yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner intensitas penggunaan media sosial dan isian data IPK selama 3 semester. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Somer’s d.

Hasil: Intensitas penggunaan media sosial secara kuantitas berada pada kategori sangat lama (60%), secara kualitas berada pada kategori sedang (65%) dan prestasi akademik mahasiswa berada pada kategori sangat baik (65%). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh p = 0,333. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi D,III Kebidanan FK UNS.

Simpulan: Tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi D.III Kebidanan FK UNS.

Kata Kunci    : media sosial, prestasi akademik, mahasiswa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003061419001004.jpg
0 JUDUL.pdf
12 BAB I.pdf
13 BAB II.pdf
14 BAB III.pdf
15 BAB IV.pdf
16 BAB V.pdf
17 BAB VI.pdf
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jarot Subandono, dr., M.Kes.
2. Cr. Siti Utari, Dra., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran