Penulis Utama : Musthofa Syaifullah
NIM / NIP : D0113066
×

ABSTRAK

Musthofa Syaifullah, D0113066, ”Evaluasi Implementasi Program Pembinaan Prestasi Sepakbola (Studi pada Program Kompetisi Sepakbola Internal oleh Asosiasi PSSI Kota Surakarta Pada tahun 2016)”, Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2018.

Olahraga sepakbola dapat dikatakan merupakan olahraga yang sangat populer di Indonesia. Banyak cara pembinaan dan peningkatan prestasi olaharaga sepakbola Indonesia yang telah dilakukan oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) agar sepakbola Indonesia dapat berprestasi di tingkat internasional. Asosiasi PSSI Kota Surakarta sebagai organisasi yang diberi wewenang oleh pemerintah dan bertanggung jawab terhadap pengembangan sepakbola di Kota Surakarta menjalankan program pengembangan dan pembinaan prestasi sepakbola Kota Surakarta melalui program kompetisi sepakbola internal klub Askot PSSI Surakarta tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah meng-evaluasi proses pengembangan dan pembinaan prestasi sepakbola kota Surakarta melalui program kompetisi sepakbola internal klub Askot PSSI Surakarta tahun 2016. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Pencarian sumber data menggunakan metode purposive sampling dan snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data milik Cresswell. Penelitian ini menggunakan empat aspek teori evaluasi C.I.P.P yang meliputi tujuan (context), masukan (input), proses (process), hasil (product). Hasil penelitian program pembinaan prestasi sepakbola Kota Surakarta oleh Asosiasi PSSI Kota Surakarta tahun 2016 menunjukkan bahwa kegiatan ini memiliki dua tujuan utama yaitu menghasilkan pemain yang masuk ke tim Persis Solo serta tim sepakbola amatir perwakilan kota Surakarta untuk bertanding di tingkat provinsi Jawa Tengah hal itu sesuai dengan aspek context. Aspek input yaitu kegiatan ini diikuti oleh para pemain sepakbola amatir di kota Surakarta, juga melibatkan Askot PSSI Surakarta sebagai penyelenggara, pengurus klub peserta, pelatih, dan perangkat pertandingan. Sarana prasarana seperti lapangan sepakbola juga masuk ke dalam aspek ini. Pada aspek process, kegiatan ini telah berjalan lancar namun ada beberapa kendala  di  dalamnya  yaitu  sarana  prasarana  yang belum  sesuai harapan peserta, dan alokasi dana yang minim. Terakhir  yaitu aspek product, kegiatan ini telah menghasilkan pemain potensial yang dapat masuk ke puslat PERSIS Solo dan menghasilkan tim sepakbola amatir yang mewakili kota Surakarta di kompetisi sepakbola amatir tingkat provinsi.
Kata kunci : Sepakbola, Pengembangan dan pembinaan prestasi olahraga, Evaluasi, C.I.P.P.

 

×
Penulis Utama : Musthofa Syaifullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113066
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Implementasi Program Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola (Studi pada Program Kompetisi Sepakbola Internal oleh Asosiasi PSSI Kota Surakarta Tahun 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Administrasi Negara- D0113066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Yuliani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.