Penulis Utama : Nuril Lolita Hudayhana
NIM / NIP : A121508042
×

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang, tujuan yang ingin dicapai prestasi renang. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kecepatan  perenang adalah memiliki proporsi tubuh yang ideal. Lingkar dada menentukan besar kecilnya dorongan tubuh untuk maju melawan air dan pada saat pengambilan nafas. Rentang lengan menentukan panjang pendeknya tarikan tangan sehingga luncuran yang didapat semakin jauh. Semakin baik kerja sistem pernapasan berarti volume oksigen yang diperoleh semakin banyak. Kekuatan lengan menentukan besar kecilnya kekuatan tarikan tangan sehingga menghasilkan kayuhan cepat untuk maju ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besar kontribusi lingkar dada, rentang lengan kapasitas vital paru, dan kekuatan lengan dengan prestasi renang 50 m gaya dada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki (15-17 tahun) pada klub renang di Jawa Timur, jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 40 sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel independent yaitu lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan dan 1 variabel dependent yaitu prestasi renang gaya dada 50 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan berhubungan baik secara parsial dan simultan membentuk persamaan regresi. Dimana lingkar dada memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 46,1%, rentang lengan memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 47,2%, kapasitas vital paru memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 19,3% dan kekuatan lengan memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 38,8%. Kontribusi lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan terhadap prestasi renang 50 m gaya dada sebesar 61,3% sedangkan sisanya 38,7% dikontribusikan oleh variable lain yang tidak ada didalam uji model regresi linier ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan memiliki kontribusi secara parsial terhadap prestasi renang gaya dada 50 meter.
 
Kata kunci : Lingkar Dada, Rentang Lengan, Kapasitas vital Paru, Kekuatan Lengan, dan Prestasi Renang

×
Penulis Utama : Nuril Lolita Hudayhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508042
Tahun : 2017
Judul : Kontribusi lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan terhadap prestasi renang 50 meter gaya dada (studi korelasional pada atlet renang putra umur 15-17 tahun di Jawa Timur)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascsarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121508042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or., AIFO.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.