Penulis Utama : Taufiq Harpan Aldila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861702013
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Biografi Pahlawan Berbasis Timeline Infografis untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa SMAN 2 Ungaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861702013-2019
Subyek : KESADARAN, BIOGRAFI PAHLAWAN, BAHAN AJAR, INFOGRAFIS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kesadaran sejarah  merupakan bentuk pemahaman dan penghayatan terhadap peristiwa dan nilai masa silam. Dasar munculnya kesadaran adalah pemahaman. Pemahaman dalam pembelajaran salah satunya diperoleh dari konten materi yang diberikan guru dan diserap oleh siswa. Konten buku paket sejarah di sekolah belum memberikan porsi cukup guna pembahasan mengenai tokoh kepahlawanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran sejarah di SMAN 2 Ungaran (2) bagaimana prosedur penembangan bahan ajar sejarah berbasis Infografis dan (3) bagaimana efektivitas bahan ajar berbasis nfografis untuk meningkatkan kesadaran sejarah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pengembangan atau Research  and  Development   dengan  mengacu   pada  model  perancangan  ADDIE (Anaysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Metode pengambilan data lapangan didapati dari hasil wawancara dan observasi pada analisis kebutuhan. Pre test dan post test digunkan untuk mendapatkan data prestasi belajar dan kesadaran sejarah siswa.
Dari hasil penelitian tersebut didapati kesimpulan bahwa pembelajaran sejarah di SMAN 2 Ungaran berfokus pengembangan dalam pebelajaran, dan berkendala masalah waktu pembelajaran dan kompleksitas materi pada buku teks. Pengembangan dilaksanakan dengan   acuan pada  silabus dan RPP. Pengembangan bahan ajar difokuskan kepada materi mengenai kiprah pahlawan masa kolonial hingga kemerdekaan dengan berbasis timeline infografis. Efktivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunaan bahan aja (Eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar (Kontrol).

Kata Kunci : Kesadaran, Biografi Pahlawan, Bahan Ajar, Infografis

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Dr. Susanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana