Penulis Utama : Helmy Miftachul Munif
NIM / NIP : F3514034
×

ABSTRAK

Penelitian ini disusun seiring dengan pentingnya sistem penilaian kinerja pada perusahaan, dengan adanya sistem penilaian kinerja pada perusahaan membuat perusahaan mengetahui hasil kinerja pegawai setiap tahunnya. Hasil kinerja yang maksimal akan membuat produktivitas kerja perusahaan meningkat, sehingga akan memberikan keuntungan perusahaan dan pegawainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian kinerja dan produktivitas kerja pegawai di PPSDM Migas Cepu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pemeriksaan dokumen. Berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi, pelaksanaan penilaian kinerja pegawai di PPSDM Migas Cepu bertujuan untuk menjamin objektifitas pembinaan pegawai yang diarahkan sebagai pengendalian perilaku kerja produktif untuk mencapai hasil kerja yang disepakati. Penilaian kinerja ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan yang melakukan penilaian kinerja adalah pejabat penilai atau atasan langsung pegawai. Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan formulir penilaian prestasi kerja pegawai. Dimana terdapat dua unsur yang dinilai pada formulir prestasi kerja tersebut yaitu sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja. Setiap unsur tersebut terdapat aspek-aspek yang dinilai, aspek penilaian sasaran kerja pegawai yaitu kualitas, kuantitas, waktu, dan biaya. Sedangkan aspek perilaku kerja yaitu orientasi pelayanan, komitmen, integritas, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan.
Tahapan penilaian kinerja pegawai ada tiga yaitu tahap pertama, pegawai menyusun sasaran kerja pegawai dengan persetujuan pejabat penilai. Tahap kedua, pejabat penilai melakukan monitoring terhadap aktivitas kegiatan yang dilakukan pegawai. Tahap ketiga, pejabat penilai melakukan penilaian pada formulir prestasi kerja sesuai dengan hasil kinerja pegawai dan hasil monitoring yang dilakukan. Rata-rata hasil penilaian pegawai di PPSDM Migas Cepu sudah baik, setiap pegawai sudah mampu menyelesaikan tugasnya sesuai yang ditetapkan sehingga produktivitas kerja pegawai di PPSDM Migas juga sudah baik pula.


Kata Kunci : Penilaian Kinerja Pegawai, Produktivitas Kerja

 

×
Penulis Utama : Helmy Miftachul Munif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3514034
Tahun : 2017
Judul : Sistem penilaian kinerja dan produktivitas kerja pegawai di PPSDM Migas Cepu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Manajemen Bisnis-F3514034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Rahardian, SE, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.