Penulis Utama : Mohamad Imron Fadillah
NIM / NIP : K4612101
×

ABSTRAK

Mohamad Imron Fadillah NIM K4612101. PENERAPAN RAGAM ALAT PEMBELAJARAN  UNTUK  MENINGKATKAN  HASIL  BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS IX CSMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desembeer  2017.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  senam lantai guling depan menggunakan ragam alat pembelajaran pada siswa kelas IX C SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Islam Diponegoro Surakarta yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 20 siswa putra. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan   teknik   triangulasi   data.   Analisis   data   menggunakan   teknik deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat dilaporkan sebagai berikut: hasil belajar senam lantai guling depan pada Siklus I dari 20 siswa mencapai 65% atau sebanyak 13 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 85% atau sebanyak 17 siswa sedangkan 3 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan ragam alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas IX C SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2017 /
2018.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Senam Lantai Guling Depan, Penggunaan Ragam
Alat Pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Mohamad Imron Fadillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612101
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Ragam Alat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada Siswa Kelas IX C SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612101-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd.,M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.