Penulis Utama : Ahmad Salim
NIM / NIP : S841602003
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKR 4 SMK NU Ma’arif Kudus dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi siswa kelas XI TKR 4 SMK NU Ma’arif Kudus dengan menggunakan metode peer teaching. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TKR 4 SMK NU Ma’arif Kudus.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, kemudian dilanjutkan siklus II  dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data berupa foto, video, RPP, hasil tes, daftar nilai, catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan pelaporan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKR 4 SMK Nu Ma’arif Kudus. Hal tersebut ditunjukkan dengan motivasi belajar siswa pada prasiklus 49,68%, mengalami peningkatan pada siklus pertama mencapai 53,12%, kemudian pada siklus kedua motivasi belajar siswa meningkat mencapai 78,12%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapkan metode peer teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI TKR 4 SMK NU Ma’arif Kudus. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian kompetensi menulis eksplanasi pada prasiklus dari 32 siswa yang tuntas 18 siswa dan belum tuntas 14 siswa dengan nilai rata-rata 75,06 dengan persentase ketuntasan 56,25%. Siklus pertama jumlah siswa yang tuntas 22 siswa dengan persentase 68,75% dan nilai rata-rata 77,84. Siklus kedua Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 29 siswa dan nilai rata-rata 82,34 dengan persentase kelulusan 90,62% melampaui target indikator peneliti yaitu 80%.

Kata Kunci : menulis eksplanasi, motivasi, peer teaching

×
Penulis Utama : Ahmad Salim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602003
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Eksplanasi dengan Metode Peer Teaching pada Siswa Kelas XI TKR 4 SMK NU Ma’arif Kudus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841602003-2019
Kata Kunci : menulis eksplanasi, motivasi, peer teaching
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M. Pd.
2. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.