Penulis Utama : Ikhwan Bimo Febriantoko
NIM / NIP : D0213051
×

ABSTRAK

Di kota solo terdapat banyak sekali komunitas dengan bidang yang berbeda-beda. Dalam hal ini ada komunitas yang menurut peneliti unik yaitu komunitas Solo Runners. Komunitas ini bergerak dibidang olahraga lari dan komunitas ini tidak memiliki anggota tetap didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola komunikasi Komunitas Solo Runners. Peneliti memfokuskan pengurus dan anggota Komunitas Solo Runners.
Penelitian ini menjelaskan tentang pola komunikasi Komunitas Solo Runners. Pola komunikasi merupakan pola komunikasi multi arah. Pola komunikasi internal yang terjadi didalam Komunitas Solo Runners ada tiga macam yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi menggunakan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipan. Studi deskriptif yang diteliti tertuju pada komunikasi antara pengurus dan anggota Komunitas Solo Runners. Hampir seluruh proses terjadinya komunikasi tersebut bersifat non-formal.
Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pengurus dan juga anggota Komunitas Solo Runners dilakukan secara langsung atau tatap muka (face-to-face), misalnya ketika kegiatan rutin Komunitas Solo Runners yaitu TNR, ENR, SMR. Komunikasi kelompok yang dilakukan oleh Komunitas Solo Runners yaitu ketika ada rapat rutin yang hanya dihadiri oleh pengurus Komunitas Solo Runners saja. Rapat rutin tersebut biasanya dilakukan 1-2 bulan sekali. Terakhir komunikasi menggunakan media. Komunitas Solo Runners juga memanfaatkan media untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Media yang digunakan yaitu media sosial berbasis internet, seperti Facebook, Twitter, Instagram. Selain itu juga menggunakan media pesan singkat (Instant Message)Whatsapp.
Saran dari penelitian ini adalah agar tetap terus menjaga loyalitas dan solidaritas yang sudah terbentuk didalam Komunitas Solo Runners supaya terbentuk kohesivitas yang kuat didalamnya sehingga Komunitas Solo Runners terus menjadi terikat satu sama lain nantinya baik antara pengurus maupun dengan anggota.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunitas.

 

×
Penulis Utama : Ikhwan Bimo Febriantoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213051
Tahun : 2017
Judul : Pola komunikasi komunitas Solo Runners (Studi deskriptif kualitatif pola komunikasi komunitas Solo Runners)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo JK., M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.