Penulis Utama : Ismiyati Nurul Hidayah
NIM / NIP : K7715025
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping pada pembelajaran akuntansi kelas XI SMK Batik 2 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi baik siklus I maupun siklus II. Pada tindakan siklus I dan siklus II penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari 48,28% menjadi 62,07%, dan dari 62,07%, menjadi 79,31%.
Simpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi kelas XI SMK Batik 2 Surakarta.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Media Mind Mapping, Kemampuan berpikir kritis

 

×
Penulis Utama : Ismiyati Nurul Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7715025
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model problem based learning berbantu media mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Akuntansi kelas XI SMK Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Akuntansi-K7715025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd.,
2. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.