Penulis Utama : Fitri Wardani
NIM / NIP : S081708004
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning dengan metode eksperimen dan metode proyek, karakter ilmiah siswa dan keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar pengetahuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 – Juni 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Mondokan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan semester dua Tahun Ajaran 2018/2019. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan cara simple random sampling dari 4 kelas jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan didapatkan dua kelas yakni X TKR 1 dan X TKR 2.. Data keterampilan proses sains dan karakter ilmiah diperoleh melalui observasi sedangkan data hasil belajar pengetahuan diperoleh melalui test. Analisis data menggunakan uji Anava dengan desain factorial 2x3x3 menggunakan program SPSS 24.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model blended learning menggunakan metode proyek lebih tinggi daripada siswa yang diberi model blended learning dengan metode eksperimen, (2) Hasil belajar pengetahuan siswa lebih tinggi pada siswa dengan karakter ilmiah tinggi dibandingkan siswa dengan karakter ilmiah sedang dan rendah, (3) Hasil belajar pengetahuan siswa lebih tinggi pada siswa dengan keterampilan proses sains tinggi dibandingkan siswa dengan keterampilan proses sains sedang dan rendah, (4) Tidak ada interaksi pengaruh antara model blended learning menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa, (5) Tidak ada interaksi pengaruh antara model blended learning menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar siswa, (6) Terdapat interaksi pengaruh antara karakter siswa dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa, (7) Terdapat interaksi pengaruh antara model blended learning menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan karakter dan keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Eksperimen, Hasil Belajar, Karakter Ilmiah, Keterampilan Proses Sains, Model Blended Learning, Proyek

×
Penulis Utama : Fitri Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081708004
Tahun : 2019
Judul : Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Blended Learning dengan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Ditinjau dari Karakter Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Fisika-S081708004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D.
2. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.