Penulis Utama : Pujiarto Triwibowo
NIM / NIP : K4613113
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain kasti dengan penerapan modifikasi sarana dan prasarama pembelajaran  pada siswa kelas IV SDN Tegalrejo No. 98 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalrejo No 98 Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah siswa 24 hanya 10 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas atau dengan persentase 41,7% siswa tuntas dan 58,3% siswa tidak tuntas. Kemudian hasil belajar yang ditunjukan siswa pada siklus I menunjukan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 14 siswa atau sebesar  58,3% masuk dalam kategori tuntas dan sisanya 10 siswa atau 41,7% masuk kategori tidak tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa yaitu 91,7% atau 22 siswa masuk kategori tuntas dan sisanya 8,3% atau 2 siswa masuk dalam kategori tidak tuntas.
Simpulan dari penelitian ini yaitu dengan penerapan modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bermain kasti pada kelas IV SDN Tegalrejo No. 98 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
 
Kata Kunci: Permainan kasti, hasil belajar, modifikasi pembelajaran, sarana dan prasarana

 

×
Penulis Utama : Pujiarto Triwibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613113
Tahun : 2017
Judul : Penerapan modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bermain kasti pada siswa kelas IV SDN Tegalrejo N0.98 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613113-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Sunardi,M.Kes
2. Singgih Hendarto,S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.