Penulis Utama : Nur’aini Inayah
NIM / NIP : K8415045
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji proses hijrah anggota Komunitas Kajian Humaira Surakarta; dan (2) Mengkaji rasionalitas pilihan hijrah pada anggota Komunitas Kajian Humaira Surakarta. Teori yang digunakan ialah teori rasionalitas menurut James C. Coleman yang memandang bahwa setiap individu melakukan suatu tindakan berdasarkan kepentingan yang dimiliki.
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Data Primer (2) Data Sekunder. Teknik pengambilan informan penelitian yang digunakan adalah teknik snowball dan purposive sampling. Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama proses hijrah yang terjadi pada anggota komunitas kajian Humaira berbeda-beda dan ciri hijrah yang dialami setiap anggota sama yaitu sama-sama mengalami satu titik balik berupa permasalahan hidup. Kedua, hijrah yang dialami oleh anggota komunitas kajian Humaira merupakan suatu pilihan rasional. Melalui hijrah anggota komunitas kajian Humaira memperoleh maksimalisasi diri berupa keuntungan ekonomi dan juga penerimaan dalam masyarakat. Gerakan hijrah yang terjadi bukan hanya suatu ekspresi emosional, namun disertai pula dengan rasionalitas yang menguntungkan setiap pelaku hijrah.

 Kata Kunci : Rasionalitas, Hijrah, Kajian Humaira.

 

×
Penulis Utama : Nur’aini Inayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415045
Tahun : 2019
Judul : Rasionalitas pilihan hijrah (studi fenomenologi pilihan hijrah anggota komunitas kajian humaira Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8415045-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant., M.Hum.
2. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.