Penulis Utama : Radina Abdillah
NIM / NIP : D0412035
×

ABSTRAK

RADINA ABDILLAH, NIM D0412035, judul skripsi ARTI STRATEGIS TANJUNG DATU BAGI INDONESIA DAN MALAYSIA. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

 

Fokus dalam penelitian ini adalah kepentingan Indonesia dan Malaysia di perbatasan Tanjung Datu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisa data kualitatif  yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis digunakan menggunakan kerangka konseptual Kepentingan Nasional, Keamanan Nasional, dan kedaulatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia dan Malaysia memiliki

tujuan tersendiri dalam mempertahankan Tanjung Datu. Kepentingan Indonesia di Tanjung datu terkait dengan rencana pendirian pangkalan militer Indonesia di Tanjung Datu sebagai reaksi dari memanasnya kondisi politik di Laut China Selatan dan sebagai upaya penjagaan perbatasan oleh Indonesia. Sedangkan sebagian besar wilayah Tanjung Datu telah dikelola dibawah pemerintahan Malaysia sebagai salah satu pusat pariwisata di Sarawak.

×
Penulis Utama : Radina Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0412035
Tahun : 2017
Judul : Arti Strategis Tanjung Datu Bagi Indonesia dan Malaysia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Sosial dan Politik Hubungan Internasional-D0412035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof, Dr. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.