Penulis Utama : Zahra Addina
NIM / NIP : G0014248
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Salah satu perbedaan antara seseorang dengan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert adalah dalam hal menangani stresor lingkungan  yang dialami sehari-hari. Apabila stresor tidak bisa dikendalikan dengan baik dapat menjadi gangguan kecemasan. Mahasiswa kedokteran merupakan salah satu yang rentan dalam mengalami gangguan kecemasan terutama saat akan menghadapi ujian. Dampaknya akan mempengaruhi nilai akhir dari ujian tersebut.
Metode penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan secara cross  sectional  dengan  subjek  penelitian  adalah mahasiswa aktif kedokteran UNS tingkat satu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan proporsi kecemasan mahasiswa kedokteran UNS dengan ciri kepribadian  introvert  dan  ekstrovert  dalam  menghadapi  ujian  blok.     Data penelitian diperoleh dari tiga macam kuesioner yaitu L-MMPI, kuesioner tipe kepribadian Eysenck Personality Inventory (EPI), dan Taylor Manifest Anxiety Scale  (TMAS).  Data  dianalisis  secara  statistik  menggunakan  SPSS  11  for Windows dengan uji Chi Square.
Hasil penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan nilai p = 0,001 dan nilai x2 = 18,976 untuk nilai proporsi kecemasan mahasiswa kedokteran UNS berdasarkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert.
Simpulan: Terdapat perbedaan proporsi kecemasan mahasiswa tingkat satu kedokteran UNS dengan ciri kepribadian introvert dan ekstrovert dalam menghadapi ujian blok.

Kata kunci: introvert, ekstrovert, kecemasan

 

×
Penulis Utama : Zahra Addina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014248
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan proporsi kecemasan mahasiswa tingkat satu kedokteran UNS dengan ciri kepribadian introvert dan ekstrovert dalam menghadapi ujian blok
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Ilmu Kedokteran-G0014248-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Gst Ayu Maharatih dr., SpKJ., M.Kes
2. Dra. Machmuroch, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.