Penulis Utama : Nandar Ardiprayogo
NIM / NIP : K3210038
×

ABSTRAK

Nandar Ardiprayogo PEMBELAJARAN EBRU ART PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X IPS SMA KRISTEN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran Ebru Art di kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta. (2) bentuk karya Ebru Art siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta dilihat dari prinsip-prinsip seni rupa. (3) dampak pembelajaan terhadap kreativitas siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta dalam menerima pembelajaran Ebru Art.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Drs. Putut Armunanto selaku guru seni budaya dan siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta; serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Ebru Art meliputi: (a) persiapan antara lain; menyiapkan materi, media berupa video tutorial, metode(ceramah, tanya jawab, demonstrasi) dan evaluasi pembelajaran. (2) secara umum karya Ebru Art siswa sudah menggunakan prinsip-prinsip seni rupa (3) siswa memiliki kreatifitas yang tinggi pada pembelajaran Ebru Art

×
Penulis Utama : Nandar Ardiprayogo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3210038
Tahun : 2017
Judul : Pembelajaran Ebru Art Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Kelas X Ips Sma Kristen 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan ilmu Pendidikan-K3210038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.