Penulis Utama : Yuanita Ningrum
NIM / NIP : S851708038
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul matematika bermuatan living values education yang valid, praktis, dan efektif untuk memperkuat karakter siswa kelas VII SMP; 2) menghasilkan modul matematika bermuatan living values education yang dapat meningkatkan karakter siswa lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan modul matematika bermuatan living values education.
Penelitian pengembangan modul matematika bermuatan living values education ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluate. Metode tersebut dibagi ke dalam tiga tahap yaitu pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Tahap pendahuluan terdiri atas fase analysis meliputi analisis bahan ajar, analisis peserta didik, dan analisis kebutuhan modul. Tahap pengembangan produk terdiri atas fase design, develop, dan implementation. Kegiatan pada fase design yaitu mendesain instrumen penelitian dan mendesain kerangka modul, fase develop yaitu menyusun draf modul kemudian memvalidasi kepada ahli materi dan media, fase implementation yaitu uji coba produk untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan modul. Tahap pengujian produk meliputi uji keampuhan menggunakan metode ekperimen  untuk  mengetahui  apakah  kelas  yang menggunakan  modul matematika bermuatan living values education nilai karakternya lebih baik dari kelas yang tidak menggunakan modul tersebut.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) pengembangan modul matematika bermuatan living values education untuk siswa SMP kelas VII telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid terpenuhi berdasarkan penilaian para validator yang memberi penilaian modul dalam kategori sangat valid berdasarkan aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, living values, dan kelayakan kegrafikan. Kriteria praktis terpenuhi berdasarkan respon positif yang diberikan siswa dan guru melalui angket respon siswa dan angket respon guru, dengan hasil analisis kepraktisan modul minimal dalam kategori tinggi. Kriteria efektif terpenuhi karena 96.8% siswa yang mengikuti uji coba modul bermuatan living values education mengalami peningkatan nilai karakter minimal dengan kriteria peningkatan sedang yang berarti modul dikatakan efektif untuk memperkuat karakter siswa kelas VII SMP; 2) karakter siswa yang menggunakan modul matematika bermuatan living values education lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan modul matematika bermuatan living values education.

Kata Kunci : karakter, living values education, modul

×
Penulis Utama : Yuanita Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708038
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Modul Matematika Bermuatan Living Values Education untuk Memperkuat Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851708038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Laila Fitriana, S. Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.