Penulis Utama : Langgeng Pangestu Aji
NIM / NIP : K2313037
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 MAN Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 dalam mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi pokok Momentum dan Impuls.
Penelitian ini merupakan penelitian remediasi pembelajaran pre-experiment dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest group, sebuah desain penelitian eksperimen dimana perlu dilakukannya sebuah observasi sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIPA 1 Madrasah  Aliyah Negeri Sukoharjo sebanyak 29 peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Wilcoxon.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulakn bahwa pembelajaran remediasi Fisika menggunakan model Learning Cycle dapa tmeningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 MAN Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Momentum dan Impuls dari 0% menjadi 58,62%. Hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 30,79 dan tes akhir sebesar 77,93. Hal ini menunjukkan ada peningkatan nilai setelah kegiatan remediasi dengan  model Learning Cycle diterapkan.

Kata kunci: Remediasi, Learning Cycle, Kognitif

 

×
Penulis Utama : Langgeng Pangestu Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313037
Tahun : 2018
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Learning Cycle untuk Mencapai Ketuntasan Aspek Kognitif Siswamateri Pokok Momentum dan Impuls Kelas X IPA 1 MAN Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2313037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si, Ph.D.
2. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.