Penulis Utama : Ratih Dewi Ramawati
NIM / NIP : S851702026
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan miskonsepsi siswa berdasarkan penalaran matematis siswa pada materi integral tentu kelas XII SMA Islam I Surakarta   tahun   ajaran   2018/2019;   2)   mengetahui   faktor   penyebab miskonsepsi siswa pada materi integral tentu kelas XII SMA Islam I Surakarta tahun ajaran 2018/ 2019.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 8 siswa dari kelas XII SMA Islam I Surakarta. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes penalaran matematis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah perekaman,   observasi,   tes, dan   wawancara.   Validitas   data   dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman.
Simpulan   hasil   penelitian   ini 1) sebagian   besar   siswa   mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan masalah luas daerah yang dibatasi oleh kurva dan garis, khususnya dalam menentukan luas antara kurva dan garis yang membutuhkan partisi sedangkan untuk masalah menentukan luas daerah  yang dibatasi oleh dua kurva lebih tinggi dari miskonsepsi yang dialami siswa yang dibatasi oleh satu kurva. Temuan   menarik   diungkapkan   oleh   penelitian   ini, miskonsepsi siswa   lebih didominasi oleh masalah yang membutuhkan alasan yang lebih kompleks; 2) faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi siswa dalam penerapan bahan integral tertentu dalam  menentukan  area kurva terkait dengan siswa yang cenderung menghafal rumus dan prosedur dalam memecahkan masalah integral tertentu tanpa memahami konsep-konsep yang mendasarinya. Kondisi tersebut dihadapi karena dalam pembelajaran, untuk memfasilitasi pemahaman siswa dalam menguasai konsep matematika  abstrak  dan  kompleks,  guru  memberikan  pembelajaran  mekanistik dengan prosedur dan tahapan yang harus dihafal oleh siswa.

Kata Kunci : miskonsepsi matematika, penalaran matematis, deduktif, indukitf

×
Penulis Utama : Ratih Dewi Ramawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702026
Tahun : 2019
Judul : Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Integral Tentu Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Islam I Surakarta Kelas XII Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851702026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Triyanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.