Penulis Utama : Wisnu Pramadya
NIM / NIP : S851708037
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses implementasi CBT dalam penilaian pembelajaran matematika, 2) mendeskripsikan jenis soal matematika yang dapat diterapkan pada CBT, 3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran matematika setelah mengimplementasikan CBT.

Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena lebih mementingkan proses daripada hasil. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dan strategi penelitian ini dilakukan dengan cara alami, artinya penelitian dilakukan tanpa adanya campur tangan dari peneliti itu sendiri dan sesuai dengan kondisi aslinya dimana subjek penelitian berada. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 6 subjek penelitian. Untuk melihat validitas data tersebut, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Implementasi CBT dalam penilaian pembelajaran matematika dilakukan di kelas XII dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berupa aplikasi  MOODLE. Kegiatan tes sumatif berbasis komputer tetap berjalan lancar walaupun pengelolaannya dilakukan oleh operator komputer, 2) Soal tes sumatif dibuat oleh pendidik dengan memperhatikan kurikulum. Jenis soal yang diimplementasikan dalam CBT pada mata pelajaran matematika disekolah menggunakan Multiple Choice yang dibuat secara random/acak, sehingga tes sumatif yang dilaksanakan memiliki tingkat tanggung jawab (akuntabel) yang tinggi, 3) Skor tes ditampilkan setelah pelaksanaan CBT sebagai bentuk transparansi serta evaluasi peserta didik. Penilaian pembelajaran matematika yang diterapkan dalam implementasi CBT dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan (KI-3) dan kemapuan keterampilan (KI-4) peserta didik. Skor dalam CBT akan diakumulasikan dalam satu semester dan digabungkan dengan skor penilaian dari pemberian tugas, UTS dan UAS, yang akan direkapitulasi secara menyeluruh untuk dilaporkan dalam Penilaian Akhir Semester.

Kata Kunci : Computer Based Test, penilaian pembelajaran matematika, tes sumatif berbasis komputer

×
Penulis Utama : Wisnu Pramadya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708037
Tahun : 2020
Judul : Analisis Implementasi Computer Based Test dalam Penilaian Pembelajaran Matematika (Penelitian di kelas XII SMAN 2 Tasikmalaya Tahun 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851708037-2019
Kata Kunci : Computer Based Test, penilaian pembelajaran matematika, tes sumatif berbasis komputer
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Diari Indriati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.