Penulis Utama : Eva Koesuma Moervitasari
NIM / NIP : H0813061
×

ABSTRAK

Pertanian merupakan sektor utama yang menjadi penopang kehidupan masyarakat Indonesia. Sektor pertanian menjadi hal yang penting dalam pembangunan guna memenuhi konsumsi pangan bagi masyarakat. Salah satu kebutuhan pangan yang harus dipenuhi adalah konsumsi kedelai.Kenaikan jumlah produksi kedelai diharapkan akan meningkat pendapatan secara merata sehingga kesejahteraan petani juga meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang diterima petani dari usahatani kedelai, mengetahui distribusi pendapatan usahatani kedelai dan mengetahui seberapa besar kontribusi dari pendapatan usahatani terhadap pendapatan rumah tangga petani. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik survai Penelitian dilakukan di Kabupaten Wonogiri di pilih secara purposive dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten sentra kedelai di Jawa Tengah. Analisis data yang digunakan adalah koefisien gini dan World Bank.
Hasil Penelitian menunjukkan rata-rata luasan lahan yang digarap petani adalah 5.339 m2. Rata-rata pendapatan usahatani kedelai adalah sebesar Rp 1.341.691,35/masa tanam. Kontribusi pendapatan usahatani kedelai terhadap pendapatan rumah tangga petani adalah sebesar 12,18%. Hal tersebut berarti usahatani kedelai memiliki kontribusi  sangat rendah terhadap pendapatan rumah tangga petani.Nilai koefisien gini pendapatan usahatani kedelai sebesar 0,44 dan berdasarkan kriteria World Bank yaitu 12%  atau berada pada kategori kemerataan sedang. Nilai koefisien gini pendapatan rumah tangga petani sebesar 0,36 dan menurut world bank sebsar 15% yang berarti berada pada kemerataan sedang. Nilai koefisien gini distribusi luas lahan kedelai 0,35 dan kriteria World Bank sebesar 18% dimana kemerataan tinggi. Maka permasalahan terletak pada produktivitas, karena produksi dipengaruhi luas lahan dan produktivitas. Pendapatan usahatani kedelai berperan positif pada distribusi pendapatan rumah tangga.
Dari hasil penelitian disarankan : (1) Petani harus meningkatkan produktivitas dalam usahatani kedelai agar dapat meningkatkan hasil produksi kedelai dan menambah keuntungan usahatani kedelai sehingga meningkatkan pendapatan usahatani kedelai.(2) Kontribusi pendapatan kedelai terhadap pendapatan rumah tangga pada petani kedelai responden  masih kecil, sehingga diharapkan petani lebih aktif dalam kegiatan  pertanian sehingga dapat meningkatkan produktivitas, pendapatan rumah tangga semakin naik, petani semakin sejahtera dan kontribusi sektor pertanian juga semakin besar. (3) Pemerintah hendaknya memberikan penyuluhan tentang budidaya kedelai agar petani kedelai dapat meningkatkan hasil, produktivitas dan kualitas kedelai sehingga pendapatan tinggi dan tingkat distribusi pendapatan semakin merata.

 

×
Penulis Utama : Eva Koesuma Moervitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813061
Tahun : 2017
Judul : Analisis distribusi pendapatan petani kedelai Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0813061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Endang Siti Rahayu, MS
2. Wiwit Rahayu, SP., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.