Penulis Utama : Akbar Bhayu Tamtomo
NIM / NIP : D0210006
×

Penelitian ini bermaksud mengemukakan gambaran mengenai pola pencarian informasi masyarakat, khususnya pada masyarakat tepian kota. Dikarenakan adanya perbedaan upaya-upaya dalam mengakses informasi pada beberapa wilayah. Masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan lebih mudah mengakses informasi jika dibandingkan dengan wilayah pedesaan, khususnya dalam kemudahan mencari akses informasi dari sumber-sumber informasi yang lebih bervariasi. Kecenderungan demikian akan berbeda dengan masyarakat yang menghudi wilayah tepian/pinggiran kota, dalam hal ini wilayah Desa Pabelan.
Penelitian ini menggunakan metode multiple method. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan cara survei  dengan membagikan kuesioner ke pada 60 responden dan pendekatan kualitatif dengan cara  wawancara mendalam ke beberapa informan. hasil wawancara dimaksudkan untuk mempertajam hasil survei.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masyarakat tepian kota, khususnya pada masyarakat Desa Pabelan sudah memiliki tingkat perubahan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan wilayah pedesaan dalam proses pencarian informasi. Arus pencarian informasi yang cepat pada masyarakat perkotaan ikut berdampak pada proses pencarian informasi masyarakat pinggiran kota khususnya masyarakat Desa Pabelan yang berada di wilayah tepian Kota Surakarta. Dengan dampak majunya dan kemudahan dalam akses informasi atau teknologi komunikasi serta menunjangnya sarana prasarana umum yang ada di Desa Pabelan sebagai dampak perkembangan wilayah pinggiran kota, membuat kebutuhan informasi masyarakat Desa Pabelan menjadi lebih beragam dan kemudahan akses sumber informasi memberikan kemudahan pilihan pada saat mencari informasi.


Kata kunci: informasi, pencarian informasi, masyarakat tepian kota, masyarakat transisi, Desa Pabelan, studi kasus.

 

×
Penulis Utama : Akbar Bhayu Tamtomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210006
Tahun : 2017
Judul : Pencarian informasi di kalangan masyarakat tepian kota (studi kasus masyarakat Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0210006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.