Penulis Utama : Herdi Sutanto Adiguna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515038
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh variasi material dan dimensi meso combustor tipe vortex terhadap energi listrik yang dihasilkan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prog. Pendidikan Teknik Mesin-K2515038-2019
Subyek : ALUMINIUM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Perangkat elektronik merupakan suatu yang penting bagi seluruh lapisan masyarakat di bumi ini. Hal itu menjadikan adanya pengembangan terhadap pembangkit listrik untuk dapat digunakan dengan lebih efektif. Micro Power Generator yang berupa Micro-Combustion dikembangkan sedemikian rupa agar menjadi suatu perangkat yang mampu melengkapi kebutuhan manusia sehari-hari.
Penelitian yang dilakukan menggunakan dua jenis material, yakni Stainless Steel dan Alumunium serta variasi dimensi yang berbeda pada setiap Combustor. Propana digunakan sebagai bahan bakar untuk mendapatkan stabilitas nyala api yang baik. Metode eksperimental digunakan pada penelitian ini. Empat Combustor Vortex dengan sepsifikasi Tipe A (SS-1) dan Tipe A (Al-1) panjang 38mm, lebar 38mm, tebal 14mm, area pembakaran 6mm serta Combustor Vortex Tipe B (SS-2) dan Tipe B (A1-2) panjang 40mm, lebar 15mm, tebal 10mm, area pembakaran 8mm akan diuji untuk mendapatkan hasil energi listrik yang baik dari tiap-tiap Combustor.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang didapatkan setiap Combustor beragam. Vortex Tipe A (SS-1) mendapatkan rata-rata temperatur tertinggi sebesar 237,33oC dan voltase yang dihasilkan mencapai 4,64  Volt. Vortex Tipe B (SS-2) rata-rata temperatur yang dihasilkan sebesar 172oC dan voltase yang dihasilkan mecapai 2,85 Volt.  Vortex Tipe A (Al-1) rata-rata temperatur yang dihasilkan sebesar 147oC dan voltase yang dihasilkan mencapai 4,13 Volt. Vortex Tipe B (Al-2) rata-rata temperatur yang dihasilkan sebesar 177oC dan voltase yang dihasilkan mencapai 1,36 Volt.  Material Stainless Steel mampu mendapatkan hasil listrik yang baik, terlihat pada Combustor tipe A (SS-1).

Kata Kunci: Alumunium, Micro-Combustion, Stainless Steel, Energi Listrik yang dihasilkan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Pernyataan.pdf
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., MT.,
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP