Penulis Utama : Fikriyatul Hasanah
NIM / NIP : K8413030
×

ABSTRAK

Fikriyatul Hasanah. K8413030. PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN GONDANGREJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 2) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 3) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN Gondangrejo, sebanyak 251 peserta didik. Sampel yang diambil dengan cluster random sampling, dengan 59 peseta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknis analisis data yang diguanakan dengan menggunakan analisis statistik dengan teknik analisis korelasi product moment Karl Pearson dan teknis analisis regresi ganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  keaktifan berorganisasi terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  keaktifan berorganisasi dan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo.

Kata kunci: Kuantitatif, Keaktifan Belajar, Keaktifan Belajar, Intensitas Penggunaan Media Sosial.

×
Penulis Utama : Fikriyatul Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413030
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh keaktifan berorganisasi dan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Jur. Pend. Sosiologi Antropologi - K8413030 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Zaini Rohmad, M.Pd.
2. Drs. Slamet Subagyo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.