Penulis Utama : Wahyu Alfian Roshid Shidig
NIM / NIP : K3212055
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran kreasi cetak tinggi dengan media spons di kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo. (2) Sejauh mana minat siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo dalam menerima pembelajaran kreasi cetak tinggi dengan media spons. (3) Bentuk karya cetak tinggi yang di hasilkan siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Ibu Endang Warsiti S.Pd selaku guru seni budaya dan siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo, serta foto proses pembelajaran, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik  yang digunakan dalam pengumpulan  data  adalah  observasi  langsung,  wawancara  mendalam, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi data, dan  review  informan.  Analisis  data  yang  digunakan  adalah  model  analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kreasi cetak tinggi dengan media spons meliputi: (a) persiapan antara lain; menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan media, materi, metode dan evaluasi pembelajaran. (b) pelaksanaan pembelajaran antara lain; menjelaskan materi pembelajaran, memberikan contoh karya, mendemonstrasikan teknik pembuatan karya, memberikan tugas membuat karya individu dan mengevaluasi hasil karya siswa. (2) siswa memiliki minat yang tinggi pada pembelajaran kreasi cetak tinggi dengan media spons (3) secara umum karya cetak tinggi dengan media spons yang dihasilkan sudah mengandung unsur unsur seni rupa yaitu, titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, gelap terang, ruang atau kedalaman.
Kata kunci : pembelajaran seni budaya, minat, cetak tinggi media spons, prinsip seni rupa

 

×
Penulis Utama : Wahyu Alfian Roshid Shidig
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212055
Tahun : 2017
Judul : Pembelajaran Kreasi Cetak Tinggi dengan Media Spons pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3212055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd, M.Sn.
2. Nanang Yulianto, S.Pd, M.Ds
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.