Penulis Utama : Wahyu Septiana
NIM / NIP : K7413177
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan literasi keuangan dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (2) hubungan kualitas pelayanan dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (3) hubungan literasi keuangan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 128 mahasiswa yang menjadi nasabah Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Sampel dipilih sebanyak 97 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk data literasi keuangan, teknik angket untuk data kualitas pelayanan dan perilaku mahasiswa dalam menabung dan dokumentasi untuk data nasabah tabungan. Analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, terdapat hubungan positif antara literasi keuangan dengan perilaku menabung mahasiswa di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,777, nilai t hitung  > t  (7,891 > 1,985) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kedua, tedapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan perilaku menabung mahasiswa di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,635, nilai t hitung  > t table table  (3,139 > 1,985) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Ketiga, terdapat hubungan positif antara literasi keuangan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dengan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS dengan rx 1. X . Y =  0,801 dan model hubungan Y = 27,179 + 0,122 X 1  + 0,253X signifikan secara statistik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F sebesar 84,021dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sumbangan efektif menunjukkan perilaku mahasiswa dalam menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS dapat dijelaskan oleh literasi keuangan sebesar 24,15% dan kualitas pelayanan sebesar 39,95%, sedangkan 35,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata Kunci : literasi keuangan, kualitas pelayanan, perilaku mahasiswa dalam menabung 2

 

×
Penulis Utama : Wahyu Septiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413177
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Literasi Keuangan dan Kualitas Pelayanan dengan Perilaku Mahasiswa dalam Menabung di Laboratorium Perbankan Pendidikan Akuntansi FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7413177-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Siswandari, M.Stat.
2. Binti Muchsini, S.Pd, M.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.