Penulis Utama : Ika Puji Astuti
NIM / NIP : C0212034
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana suntingan teks   Kitab Al-Faraid yang dari Betawi? (2) Bagaimana struktur penyajian teks  Kitab Al-Faraid yang dari Betawi? (3) Bagaimana isi teks  Kitab Al-Faraid yang dari Betawi ditinjau melalui teori resepsi dengan dalil Alquran?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menyediakan suntingan teks  Kitab Al- Faraid yang dari Betawi? (2) Mendeskripsikan struktur penyajian teks  Kitab Al- Faraid yang dari Betawi? (3) Memaparkan isi teks   Kitab Al-Faraid yang dari Betawi ditinjau melalui teori resepsi dengan dalil Alquran?
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks  Kitab Al-Faraid yang dari Betawi dengan nomor naskah MS Indo 13. Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat dan paragraf yang terdapat dalam  teks  teks   Kitab  Al-Faraid  yang  dari  Betawi.  Metode  dan  teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode penyuntingan teks dengan teknik kepustakaan dan metode pengkajian teks dengan teknik membaca keseluruhan teks   Kitab Al-Faraid yang dari Betawi. Analisis data untuk penyuntingan teks melalui tahap deskripsi naskah dan menyunting teks  Kitab Al- Faraid yang dari Betawi dengan metode standar atau edisi kritik, analisis data untuk pengkajian teks metode analisis struktur (sastra kitab) dan analisis resepsi.
Penelitian ini menyimpulkan beberapa hal: Pertama, suntingan teks  Kitab Al-Faraid  yang  dari  Betawi  menggunakan  metode  penyuntingan  standar  atau edisi kritik, yaitu membetulkan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakajegan, sedang ejaannya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, karena teks ini merupakan naskah tunggal. Sebelum itu teks yang berhuruf Arab Melayu ditransliterasikan ke dalam huruf Latin dan dibagi ke dalam beberapa  bagian dalam bentuk alinea agar mudah dipahami pembaca, memberikan komentar yang ditambahkan pada catatan kaki. Kedua, teks   Kitab Al-Faraid yang dari Betawi termasuk dalam teks sastra kitab walaupun strukturnya sedikit berbeda. Oleh karena itu pengkajian teks   Kitab Al-Faraid yang dari Betawi menyesuaikan dengan  struktur  sastra  kitab,  yang  meliputi  struktur  penyajian  teks,  gaya pengisahan teks, pusat pengisahan teks, dan gaya bahasa teks. Ketiga, teks  Kitab Al-Faraid yang dari Betawi bukanlah pedoman yang mengacu pada pembagian waris berdasarkan hukum adat, karena pasal-pasal yang tercantum di dalamnya terbukti sesuai dengan ayat-ayat Alquran seperti yang telah dijabarkan. Namun ternyata teks ini tidak hanya mengacu pada Alquran, melainkan juga mengacu pada hadits Nabi Muhammad saw.

Kata kunci:  Kitab Al-Faraid yang dari Betawi, filologi, resepsi

 

×
Penulis Utama : Ika Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212034
Tahun : 2017
Judul : Kitab Al-Faraid yang dari Betawi: suntingan teks, struktur penyajian teks, dan analisis resepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Sastra Indonesia-C0212034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.