Penulis Utama : Lidya Christyana Adi
NIM / NIP : D1613048
×

ABSTRAK

Kuliah Kerja Media (KKM) di Pemerintah Kota Surakarta di lakukan untuk mengetahui praktik dan peran humas dalam menjalin hubungan dengan stakeholders. Melalui kegiatan –kegiatan humas. Kuliah Kerja Media (KKM) dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 3 Oktober 2016 hingga tanggal 3 Desember 2016.
Publis relations  merupakan fungsi manajemen dari organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan goodwill dan memperoleh opini publik dalam menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan berbagai publik, kegiatan public relations harus diterapkan ke dalam serta keluar dan juga untuk menciptakan citra positif perusahaan pada stakeholders. Dalam kegiatannya Humas sangat membutuhkan stakeholders.
Di Pemerintahan Kota  Surakarta bagian Humas dan Protokol di pimpin atau di kepalai oleh Kabbag Humas dan Protokol kemudian dibawahi oleh Kasubbag Analisis dan Kemitraan Media, Kasubbag Dokumentasi dan Publikasi serta Kasubbag Protokol.
Selama melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) adapun kegiatan yang dilaksanakan seperti mengkliping berita, menganalisis berita, mengagendakan surat masuk, surat keluar dan surat tugas, membuat press release, membuat sambutan untuk walikota, mengikuti humas dalam kegiatan sosialisasi, dialog interaktif TV / Radio (TATV / Metta FM), jumpa pers, seminar, serta mengikuti kegiatan protokol dalam kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surakarta, bazar, event, peresmian, penjemputan tamu, liputan kegiatan,
Dapat disimpulkan bahwa peran Humas Pemerintah Kota Surakarta tak lepas dari peran Stakeholders dalam melaksanakan kegiatan –kegiatannya, sehingga humas harus mampu menjaga hubungan baik dengan stakeholders untuk menciptakan kerjasama serta memperoleh citra yang positif bagi institusinya dan pihak eksternal. Adapun saran yang diberikan untuk institusi yakni lebih efektif lagi dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa yang melaksanakan KKM. Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret yakni agar Prodi D3 Humas agar lebih melengkapi materi di bidang Public Relations sehingga mahasiswa mampu dan mengerti ketika menghadapi dunia kerja

Kata kunci: Tugas Humas, Menjaga Relasi, Stakeholders

 

×
Penulis Utama : Lidya Christyana Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1613048
Tahun : 2017
Judul : Tugas Humas Pemerintahan Kota Surakarta dalam menjaga relasi dengan stakeholders
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Hubungan Masyarakat-D1613048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henricus Hans Setyawan Prabowo M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.