Penulis Utama : Indra Budi Perkasa
NIM / NIP : S511502002
×

Indra Budi Perkasa, S511502002, 2019. Perbedaan Sensitivitas dan Spesifisitas Antara Strain Atrium Kiri dengan Disfungsi Diastolik Ventrikel Kiri. Tesis. Pembimbing I: Niniek Purwaningtyas, dr., Sp.JP(K), FIHA Pembimbing II: Dr. Trisulo Wasyanto, dr., Sp.JP(K), FIHA, FAPSC, FAsCC. Program Pendidikan Dokter Spesialis -1 Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Fungsi diastolik ventrikel kiri adalah penanda prognostik penting untuk berbagai kondisi patologis jantung. Ekokardiografi merupakan pemeriksaan utama dalam menilai fungsi diastolik ventrikel kiri. Klasifikasi derajat disfungsi diastolik menggunakan parameter ekokardiografi cukup sulit. Strain atrium kiri telah digunakan untuk menilai fungsi atrium kiri. Strain atrium kiri diharapkan menjadi pemeriksaan non-invasif sederhana untuk penilaian derajat disfungsi diastolik.
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan sensitivitas dan spesifisitas strain atrium kiri dengan disfungsi diastolik ventrikel kiri pada pasien dengan fraksi ejeksi normal atau menurun.
Metode: Studi potong lintang analitik dengan jumlah sampel 94 pasien  yang menjalani pemeriksaan ekokardiografi di laboratorium ekokardiografi Bagian Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Dr. Moewardi. Nilai rerata strain atrium kiri sesuai dengan tiga fase atrium (reservoir, conduit dan contractile) dinilai menggunakan 2D-STE. Subjek kemudian dibagi menjadi empat kelompok sesuai klasifikasi  disfungsi  diastolik  menurut  algoritme  ASE/EACVI 2016  kemudian dihubungkan dengan strain atrium kiri. Nilai p<0>Hasil: Tiga komponen strain atrium kiri menunjukkan adanya hubungan dengan derajat disfungsi diastolik. Komponen strain atrium kiri secara signifikan berbeda antara kelompok disfungsi diastolik dengan nilai yang semakin rendah pada derajat disfungsi diastolik yang lebih berat (p<0 xss=removed xss=removed>40% dengan ?40%.
Kesimpulan: LASr menunjukkan sensitivitas dan spesifisitas yang baik dalam klasifikasi derajat disfungsi diastolik ventrikel kiri pada pasien dengan fraksi ejeksi normal atau menurun.
Kata Kunci: Strain atrium kiri, disfungsi diastolik ventrikel kiri, Speckle-tracking echocardiografi

 

×
Penulis Utama : Indra Budi Perkasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S511502002
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Sensitivitas dan Spesifisitas antara Strain Atrium Kiri dengan Disfungsi Diastolik Ventrikel Kiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Kedokteran Jur.Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah-S511502002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Niniek Purwaningtyas, dr., Sp.JP(K), FIHA
2. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, Sp.JP(K), FIHA, FAPSC, FAsCC
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.