Penulis Utama : Metta Tysdya Maggandhini
NIM / NIP : D0213057
×

Untuk mencapai komunikasi yang efektif, strategi komunikasi pemasaran harus direncanakan dengan baik. Strategi komunikasi pemasaran dapat dijadikan acuan untuk merencanakan dan mengembangkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan radio. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Immanuel Surakarta melalui acara “Wisata Immanuel”. “Wisata Immanuel” dipilih sebagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target sasaran yang lebih luas.
Penelitian ini dilaksanakan di Radio Immanel Surakarta, yang beralamatkan di Jalan D.I. Panjaitan, Banjarsari, Solo. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini didukung dengan data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis interaktif. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data.
Dari hasil penelitian, Radio Immanuel melaksanakan terlebih dahulu strategi komunikasi melalui empat langkah strategi komunikasi berdasarkan teori Hafied Cangara, yaitu menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak, menyusun pesan, kemudian memilih media dan saluran komunikasi. Dan di dalam menyusun pesan untuk sampai kepada target sasaran, teori bauran promosi Kotler diterapkan oleh Radio Immanuel sebagai strategi komunikasi pemasaran melalui acara “Wisata Immanuel. Bauran promosi yang dilaksanakan adalah adverstising, sales promotion, public relation, personal selling, dan word of mouth.
Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Radio Immanuel cukup berhasil menjangkau target sasaran di tengah persaingan radio swasta di Kota Solo, namun kegiatan promosi tetap harus lebih dikembangkan dan ditingkatkan lebih baik lagi. 


Kata kunci : Radio, Strategi Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi

×
Penulis Utama : Metta Tysdya Maggandhini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213057
Tahun : 2017
Judul : Strategi komunikasi pemasaran Radio Immanuel Surakarta (studi deskriptif kualitatif strategi komunikasi pemasaran Radio Immanuel Surakarta melalui "Wisata Immanuel")
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.