Penulis Utama : Nita Nirwana
NIM / NIP : K3512048
×

ABSTRAK Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu sarana pendidikan yang mendukung proses pembelajaran yang dibentuk menjadi sebuah media belajar. Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu aspek pembelajaran  efektif yang dapat meningkatkan prestasi dan sikap belajar.  Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui   perbedaan  dan  peningkatan   terhadap prestasi  dan sikap belajar  siswa antara  media  buku dengan  media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Partisipan penelitian sebanyak 44 siswa kelas 5 dari Sekolah Dasar Negeri Kartasura 01 yang terletak di Jl.Slamet Riyadi No.250. Jenis penelitian  ini menggunakan  pendekatan kuantitatif  dengan metode Quasi Experimental Design.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, tidak terdapat perbedaan
prestasi belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Kedua, terdapat perbedaan sikap belajar siswa antara  media  buku  dengan  media  pembelajaran  interaktif  “Bangun  Datar  dan Bangun Ruang”. Ketiga, terdapat peningkatan prestasi belajar siswa antara media buku dengan media pembelajaran interaktif “Bangun Datar dan Bangun Ruang”. Keempat,  terdapat  peningkatan  sikap  belajar  siswa  antara  media  buku  dengan media  pembelajaran  interaktif  “Bangun  Datar  dan Bangun  Ruang”.  Saran  dari penelitian ini adalah lebih baik dilakukan lebih dari dua kali frekuensi penelitian serta menyediakan 1 perangkat unuk 1 kelompok agar siswa dapat mencoba secara merata.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, prestasi belajar, sikap belajar

 

×
Penulis Utama : Nita Nirwana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512048
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas penggunaan media “Bangun Datar dan Bangun Ruang” untuk meningkatkan prestasi dan sikap belajar siswa mata pelajaran Matematika SD Negeri Kartasua 01
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Program Studi Tek. Pend.Informasi dan Komputer- K3512048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endar Suprih Wihidayat, S.T., M.Eng.,
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.