Penulis Utama : Susantini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0112085
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pertumbuhan Logistik pada Perhitungan Angka Efisiensi Edukasi (AEE) di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. MAtematika-M0112085-2018
Subyek : PERTUMBUHAN LOGISTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

AEE merupakan  rasio antara banyaknya  mahasiswa yang lulus dengan se- luruh  mahasiswa  yang masih  aktif  di dalam  perguruan  tinggi  per satuan  wak- tu. AEE menjadi parameter kuantitatif keberhasilan  suatu program pendidikan. AEE perlu diatur untuk kemajuan  sebuah perguruan  tinggi.  Sekarang ini belum ada model matematika yang memprediksi AEE. Model pertumbuhan pertama ka- li digunakan  untuk  memprediksi populasi terhadap waktu.  Model pertumbuhan logistik sudah  digunakan  untuk  memprediksi  kekayaan  negara  dengan  menggu- nakan  data pendapatan dan pengeluaran  negara.  Dalam menghitung AEE ada mahasiswa yang lulus dan mahasiswa yang masuk perguruan  tinggi.
Tujuan  dari penelitian ini adalah  menganalogikan  model pertumbuhan lo- gistik untuk AEE, dan menerapkan  model tersebut pada  data AEE UNS untuk menentukan waktu yang diperlukan  untuk mencapai AEE maksimum.
Model pertumbuhan logistik analog dengan AEE, dimana  jumlah populasi analog dengan nilai AEE, laju kelahiran  spesies analog dengan laju pertumbuh- an AEE, dan daya  dukung  lingkungan  analog dengan faktor-faktor yang mem- pengaruhi perubahan nilai  AEE. Model AEE yang diperoleh  diterapkan pada data AEE UNS dengan estimasi parameter menggunakan data bulanan dari Juli 2014 sampai Juli 2016. Parameter r (kelajuan  AEE) dan k (faktor penghambat) berturut-turut adalah  0.096231 dan 278.341. Dari parameter tersebut diperoleh model AEE di UNS. Berdasarkan  model tersebut diprediksi UNS akan mencapai nilai AEE ideal pada tahun 2028, 14.8 tahun kemudian terhitung dari tahun 2014.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutanto, DEA.
2. Drs. Siswanto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA