Penulis Utama : Muhammad Luqman Hakim
NIM / NIP : S811608012
×

Abstrak

Kosakata merupakan salah satu unsur penting dalam bahasa Arab, dengan menguasainya seseorang akan terampil dalam berbahasa. Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas, terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media. Pembelajaran yang disertai media akan lebih menarik dan mempermudah proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Arab ialah multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan memproduksi multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan multimedia interaktif ini dilakukan melalui: 1) Tahap pendahuluan meliputi: studi literatur, wawancara, observasi, dan triangulasi data, 2) Tahap pengembangan meliputi: pra-produksi, produksi, dan pasca produksi, dan 3) Tahap evaluasi untuk menguji keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan terhadap penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Teknik analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t independent sample t-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan multimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran. Hasil analisis perbandinngan post test terdapat perbedaan nilai penguasaan kosakata yang signifikan antara kelas eksperimen sebesar 51,83 dan kelas kontrol sebesar 41,25 dengan selisih rata-rata sebesar 10,58. Hasil uji t menunjukkan angka nilai sig.  0,004. Berdasarkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa secara signifikan.


Kata Kunci : Multimedia interaktif, Kosakata, Pembelajaran, Bahasa Arab

×
Penulis Utama : Muhammad Luqman Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811608012
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP IT Al Huda Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S811608012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M. Pd.
2. Dr. H. Asrowi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.