Penulis Utama : Muhammad Yusuf Rizky Ramadhani
NIM / NIP : H0811056
×

ABSTRAK

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian dari mayoritas penduduknya. Hortikultura merupakan salah satu subsektor hortikultura yang berpeluang untuk dikembangkan. Semangka merupakan salah satu  komoditas unggulan buah-buahan dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Usahatani semangka banyak dibudidayaksan di daerah potensial baik pada lahan pasir dan lahan sawah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas, biaya, penerimaan, pendapatan,, dan efisiensi dari usahatani budidaya semangka, adanya perbedaan pendapatan, dan efisiensi dari usahatani usahatani budidaya semangka, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani semangka pada lahan pasir di Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen dan lahan sawah di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Penentuan daerah penelitian secara sengaja dengan mempertimbangkan daerah penelitian merupakan penghasil semangka tertinggi di Kecamatan Mirirt dan Kecamatan Baki. Pengambilan responden dilakukan dengan simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan meliputi : (1) analisis produktivitas, biaya, penerimaan, pendapatan, dan efisiensi; (2) analisis komparatif pendapatan; (3) analisis komparatif efisiensi; dan (4) analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas, biaya, penerimaan, pendapatan dan efisiensi usahatani semangka pada lahan pasir yaitu sebesar Rp 4.030,00/m2, Rp 20.370.000,00, Rp 40.788.000,00, Rp 19.500.562,00, dan 1,95 dan rata-rata produktivitas, biaya, penerimaan, pendapatan, dan efisiensi semangka pada lahan sawah yaitu sebesar Rp 3.219,00/m2, Rp 22.389.999,00, Rp 31.687.200,00, Rp 9.601.518,00, dan 1,43. Hal ini menunjukkan pendapatan semangka pada lahan pasir di Kecamatan Mirirt, Kabupaten Kebumen lebih tinggi dari pendapatan semangka pada lahan sawah di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Analisis komparatif pendapatan usahatani semangka pada lahan pasir dengan lahan sawah menggunakan t-test yaitu sebesar 6,799 dengan  tingkat kepercayaan 95%,  nilai ttabel yaitu 1,691 ini artinya thitung>ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan antara usahatani semangka pada lahan pasir dengan lahan sawah. Analisis komparatif efisiensi usahatani semangka pada lahan pasir dengan lahan sawah menggunakan t-test yaitu sebesar 8,729 dengan  tingkat kepercayaan 95%,  nilai ttabel yaitu 1,691 ini artinya thitung>ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efisiensi antara usahatani semangka pada lahan pasir dengan lahan sawah.
Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah (1) prdoktivitas, penerimaan, pendapatan, dan efisiensi usahatani lebih tinggi pada lahan pasir dibandingkan dengan lahan sawah, (2) terjadi perbedaan pendapatan dan efisiensi usahatani antara lahan pasir dan lahan sawah secara signifikan, dan (3) faktor produktivitas dan luas lahan secara individu berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani, sedangkan faktor produktivitas, luas lahan, pupuk kandang, harga, dan dummy secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) diharapkan petani semangka lahan sawah mampu meningkatkan produktivitas dan penerimaan semangka, dengan meningkatkan kualitas buah yaitu pemilihan varietas unggul. (2) diharapkan petani semangka lahan sawah mampu meningkatkan pendapatan dan efisiensi usahatani semangka dengan mengoptimalkan penggunaan input seperti biaya tenaga kerja, dan (3) diharapkan petani semangka pada lahan pasir dan lahan sawah mampu meingkatkan dan menjaga kestabilan harga  jual produk semangka dengan langkah yang tepat agar meningkatkan pendapatan secara signifikan.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Yusuf Rizky Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0811056
Tahun : 2017
Judul : Analisis komparatif usahatani semangka pada lahan pasir di Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen dengan lahan sawah di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0811056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyowati, S.P., M.P,
2. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.