Penulis Utama : Muhamad Agung Kurniawan
NIM / NIP : D0113062
×

ABSTRAK

Muhamad Agung Kurniawan. D0113062. Community Governance dalam Program Community Flood  Resilience  pada  Daerah  Aliran  Sungai  (DAS) Sungai Bengawan Solo (Studi di Kelurahan Sewu Kota Surakarta). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2018.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pelaksanaan  Program  Community Flood Resilience pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Bengawan Solo (Studi di Kelurahan Sewu Kota Surakarta). Secara spesifik untuk mengindetifikasi adanya proses community governance dalam Program Community Flood Resilience pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Bengawan Solo (Studi di Kelurahan Sewu Kota Surakarta).

Penelitian  ini  merupakan penelitian  deskriptif  kualitatif yang  dilaksanakan  di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan informan snowball sampling. Pengumpulan  data  adalah dengan  wawancara  mendalam,  dokumentasi  dan observasi. Dalam hal ini uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data sehingga informasi   dari   narasumber   yang   satu   bisa   dibandingkan   dengan   informasi   dari narasumber  yang  lain.  Sedangkan  analisis  data  dilakukan  dengan  teknik  analisis interaktif.

Dari   hasil   penelitian   dapat   diketahui   bahwa   terdapat   proses   community governance di dalam Program Community Flood Resilience di Kelurahan Sewu dengan melihat aspek-aspek kelompok atau komunitas yang memiliki kapasitas; peran dan kapasitas yang dimiliki oleh ketua kelompok atau komunitas; dan kelompok atau komunitas yang menjalankan social capital. Penulis juga menemukan bahwa terdapat kolaborasi antara SIBAT Sewu dengan pemerintah, namun peran SIBAT Sewu dengan didukung masyarakat yang lebih dominan dalam pengurangan risiko banjir.

Kata  kunci  :  Banjir,  Community,  Community  Flood  Resilience,  Governance,  SIBAT Sewu

 

×
Penulis Utama : Muhamad Agung Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113062
Tahun : 2018
Judul : Community Governance Dalam Program Community Flood Resilience Pada Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Sungai Bengawan Solo ( Studi di Kelurahan Sewu Kota Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Administrasi Negara-D0113062-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarmo, M.A, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.