Penulis Utama : Nila Restri Widowati
NIM / NIP : K1212055
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk kesalahan berbahasa  pada  kain  rentang,  (2)  kesalahan  yang  dominan  dilakukan  oleh pengguna bahasa pada kain rentang, (3) faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa pada kain rentang di Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan, (4) relevansi kesalahan berbahasa pada kain rentang dengan bahan ajar berdasarkan Kurikulum 2013.
Penelitian ini dilakukan di Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan dimulai dari bulan Agustus 2016 sampai dengan Maret 2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik dokumentasi, simak dan catat, serta wawancara. Analisis data menggunakan metode agih.
Hasil penelitian adalah  sebagai berikut ini.  Pertama, bentuk kesalahan berbahasa pada kain rentang di Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan ada empat kesalahan yaitu a) kesalahan pemakaian huruf kapital, b) kesalahan pemakaian tanda baca: pemakaian tanda seru, tanda hubung, tanda garis miring, tanda petik, c) kesalahan pemakaian kata: pemakaian kata singkatan, kata asing, dan d) kesalahan pemilihan kata: tidak tepat, tidak baku, dan tidak ekonomis. Kedua, kesalahan  yang  paling  dominan  pada  kain  rentang  adalah  pemakaian  kata singkatan sebanyak 15 kesalahan (27,78%) dari 54 jumlah kesalahan yang ada pada kain rentang di jalan Kota Purwodadi. Ketiga, faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa pada kain rentang di Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan adalah penulisan bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami makna, pertimbangan pengaturan penulisan pada kain rentang, pertimbangan biaya untuk pembayaran kain rentang, keterbatasan pengetahuan penulis tentang ejaan bahasa Indonesia, dan tidak ada pengawasan terhadap kesalahan menulis pada kain rentang. Keempat, Relevansi kesalahan berbahasa pada kain rentang dengan bahan ajar berdasarkan Kurikulum 2013 adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia mengajarkan penggunaan Bahasa Indonesia dengan struktur dan unsur kebahasaan yang baik dan benar. Pembelajaran kesalahan berbahasa pada tingkat SMA/SMK terdapat pada topik ”Iklan” materi ”Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Iklan” yang terdapat pada kelas XII semester 1. Bahan ajar yang digunakan adalah buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, kain rentang, bahan ajar, teks iklan

 

×
Penulis Utama : Nila Restri Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212055
Tahun : 2017
Judul : Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam kain rentang serta relevansinya sebagai bahan ajar teks iklan di SMK Negeri 2 Purwodadi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Indonesia-K1212055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.,
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.