Penulis Utama : Lidya Dwi Jayanti
NIM / NIP : S861508015
×

Lidya Dwi Jayanti. 2018. Pengembangan Modul Sejarah Peristiwa Kebon Rojo
3 Oktober 1945 di Pekalongan Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Solidaritas Siswa di SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.  Tesis.  Pembimbing:  (I)  Prof.  Dr.  Sunardi,  M.Sc.,  (II)  Prof.  Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kondisi bahan ajar sejarah Indonesia yang selama ini digunakan di SMK Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan,   (2)   Mendeskripsikan   prosedur   pengembangan   modul   sejarah Peristiwa  Kebon  Rojo  3  Oktober  1945  di  Pekalongan  melalui  Pendekatan Saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan solidaritas siswa di SMK Negeri 1 Kedungwuni, (3) Mendeskripsikan  keefektifan  modul  sejarah  Peristiwa  Kebon  Rojo  3  Oktober
1945 di Pekalongan melalui Pendekatan Saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan solidaritas siswa di SMK Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.
Metode penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPEM 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TKR 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket solidaritas sosial dan tes prestasi belajar. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji –t.
Hasil yang diperoleh: (1) Pembelajaran sejarah selama ini terfokus pada satu buku teks tanpa ada pendamping maupun pengembangan bahan ajar dan metode mengajar guru masih bersifat konvensional. (2) Modul sejarah lokal yang disusun telah divalidasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”. Selanjutnya modul di uji cobakan terbatas dan uji coba luas kepada siswa yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”. (3) Penggunaan modul Sejarah Peristiwa Kebon Rojo 3 Oktober 1945 di Pekalongan melalui Pendekatan Saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi dan sikap solidaritas siswa. Kedua test menghasilkan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0>Kata Kunci: Modul, Sejarah Peristiwa Kebon Rojo 3 Oktober 1945, Pekalongan, Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning (PBL), Solidaritas Sosial.

 

×
Penulis Utama : Lidya Dwi Jayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861508015
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Sejarah Peristiwa Kebon Rojo 3 Oktober 1945 di Pekalongan Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Solidaritas Siswa di SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Progdi. Magister Pendidikan Sejarah-S861508015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.