Penulis Utama : Muhammad Hassan Massaty
NIM / NIP : K3513046
×

ABSTRAK

Muhammad Hassan Massaty. PENGEMBANGAN CERITA INTERAKTIF DAN GAME EDUKASI SEJARAH KERAJAAN DI INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017.

Mata pelajaran sejarah khususnya pada materi sejarah kerajaan di Indonesia adalah materi yang mempelajari tentang sejarah kerajaan-kerajaan besar yang pernah berdiri di Indonesia. Pembelajaran mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia membuat siswa bosan karena kurang menarik. Materi sejarah kerajaankerajaan di Indonesia merupakan materi yang sebagian besar merupakan teori sehingga menuntut siswa untuk menghafal. Diperlukan inovasi baru agar siswa antusias, salah satunya adalah dengan dibuatnya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Sekar Indonesia, cerita interaktif dan game edukasi sejarah kerajaan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik serta menumbuhkan semangat belajar siswa. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari aplikasi Sekar Indonesia yang telah dikembangkan.

 Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Model pengembangan yang digunakan hanya sampai pada tahap kelayakan. Model pengembangan tersebut terbagi menjadi 5 tahapan yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba kelompok kecil dan revisi hasil uji coba. 

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Sekar Indonesia yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah dengan tingkat persentase kelayakan sebesar 89?ri aspek kelayakan materi dan 93.4?ri aspek kelayakan media.  

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sejarah, Android

×
Penulis Utama : Muhammad Hassan Massaty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513046
Tahun : 2107
Judul : Pengembangan cerita interaktif dan game edukasi sejarah kerajaan di Indonesia sebagai media pembelajaran berbasis android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2107
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Jur. Pend. Teknik Informatika dan Komputer - K3513046 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom.
2. Aris Budianto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.