Penulis Utama : Agus Yulianto
NIM / NIP : S561408001
×

Abstrak

Latar Belakang : Kolesistektomi merupakan terapi definitif pada pasien dengan kolelitiasis simtomatik, berbagai macam tehnik insisi yang digunakan pada laparotomi kolesistektomi mendorong peneliti untuk melakukan penelitian perbedaan pengaruh insisi kocher dan insisi midline terhadap rasa nyeri pada pasien kolelitiasis simtomatik setelah dilakukan operasi laparotomi kolesistektomi dimana pada tehnik insisi kocher banyak struktur jaringan otot yang diinsisi sehingga menimbulkan persepsi nyeri yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tehnik insisi midline.

Tujuan : Untuk membandingkan rasa nyeri insisi kocher dan insisi midline pada pasien pasca operasi laparotomi kolesistektomi.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional randomized controlled trial double sampling dengan membandingkan intensitas nyeri 24 jam antara pasien dilakukan operasi dengan tehnik insisi kocher dengan tehnik insisi midline, Dilaksanakan di Bagian Bedah RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada bulan  Oktober 2018 – Februari 2019, dengan jumlah sampel 30 pasien yang memenuhi kriteria inklusi, dan dibagi menjadi 2 kelompok, 15 pasien dilakukan insisi midline, dan 15 pasien dilakukan insisi kocher.

Hasil : Perbedaan rasa nyeri insisi kocher dan insisi midline pada pasien pasca operasi laparotomi kolesistektomi dilakukan dengan uji mann whitney, Intensitas nyeri 24 jam dengan Skor VAS pasien dengan insisi kocher sebagian besar dengan skor 2 yaitu ada 9 pasien (60,0%), dan pasien dengan perlakuan diberikan insisi midline sebagian besar juga dengan skor 2 yaitu ada 6 pasien (40,0%), dilihat dari tabel keseluruhan insisi midline memang lebih rendah skor VAS nya dibandingkan dengan insisi kocher akan tetapi hasil uji statistik mann whitney mendapatkan nilai p=0,192 (p>0,05) yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat nyeri antara kelompok kocher dan kelompok midline.

Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada 30 pasien yang di diagnosis menderita kolelitiasis simtomatik dapat disimpulkan bahwa  tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat nyeri antara kelompok kocher dan kelompok midline. dengan demikian jika dipandang dari tingkat nyeri insisi kocher dapat digunakan, dimana diketahui bahwa Intensitas nyeri 24 jam post operasi dengan Skor VAS pasien dengan insisi kocher dan insisi midline sebagian besar juga dengan skor VAS 2. (p=0,192)

Kata Kunci : Skor VAS, kolesistektomi, insisi midline, insisi kocher, laparotomi

×
Penulis Utama : Agus Yulianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S561408001
Tahun : 2019
Judul : Perbandingan Rasa Nyeri Insisi Kocher dan Insisi Midline pada Pasien Pasca Operasi Kolesistektomi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Bedah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Spesialis Ilmu Bedah-S561408001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Raharjo, dr. Sp.B(K)BD.
2. Dr. Untung Alifianto, Dr. Sp.BS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.