Penulis Utama : Rafli Rizky Arief
NIM / NIP : K2513053
×

ABSTRAK

 Rafli Rizky. PENERAPAN RAMBU K3 PADA BENGKEL PEMESINAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN  TEKNIK MESIN SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA TERHADAP K3. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS, dengan menerapkan rambu – rambu K3. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Institusional. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yang berjumlah 126 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis sta deskriptif komparatif dan analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan rambu – rambu K3, dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap sikap menerapkan K3 dalam praktik. Peningkatan terjadi dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses penerapan pada siklus I dilakukan dengan menerapkan pemasangan rambu – rambu K3 pada setiap bengkel dan mesin. Peningkatan terjadi pada siklus I. Kesadaran mahasiswa meningkat walaupun belum optimal.  Pada siklus II penerapan dilakukan dengan Proses sosialisasi pentingnya mematuhi K3 kepada mahasiswa melalui dosen dan asisten dosen  pembelajaran praktik. Peningkatan juga terjadi pada siklus II. Kesadaran mahasiswa meningkat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapkan rambu – rambu K3 pada bengkel Pendidikan Teknik Mesin UNS dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya K3.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan, K3, Bengkel Pemesinan, Pendidikan        Teknik Mesin, Kesadaran

×
Penulis Utama : Rafli Rizky Arief
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513053
Tahun : 2017
Judul : Penerapan rambu K3 pada bengkel pemesinan program studi pendidikan teknik mesin sebagai sarana meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap K3
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS – Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Jur. Pend. Teknik Mesin – K2513053 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuyun Estriyanto, ST., M.T.
2. Dr.Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.