Penulis Utama : Sintia Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214094
Tahun : 2019
Judul : Motif penggunaan media (studi deskriptif kualitatif tentang motif penggunaan akun instagram gosip Oleh follower di kalangan mahasiswa Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prog. Ilmu Komunikasi-D0214094-2019
Subyek : SOSIAL MEDIA, INSTAGRAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
Instagram adalah salah satu situs jejaring sosial yang paling diminati oleh pengguna media. Terdapat fenomena menarik yang terjadi di dalam situs ini. Saat ini, terdapat berbagai macam akun anonim yang menyebarkan informasi, kabar dan berita tentang selebritas yang disebut akun gosip. Fenomena ini semakin unik ketika beberapa konten dari akun gosip tersebut menyebarkan informasi tanpa ada sumber yang jelas. Akun-akun gosip ini memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak tetapi banyak pula orang yang tidak mau mengakui bahwa dia mengikuti akun gosip tersebut.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang fenomena tersebut, dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian permulaan yang nantinya perlu dilakukan penelitian lanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif-motif mengakses akun gosip di instagram di kalangan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara langsung. Peneliti menggunakan teori motif penggunaan media yang dikembangkan oleh Papacharissi dan Rubin sebagai acuan dalam pemecahan permasalahan mengenai motif mengakses akun gosip di instagram.
Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 variasi motif mahasiwa dalam mengakses akun gosip di instagram. Motif-motif tersebut muncul pada individu untuk memenuhi tujuan-tujuannya dalam pemenuhan kebutuhan terkait penggunaan media.
Kajian tentang motif penggunaan akun gosip di instagram ini berguna untuk lembaga pendidikan sebagai pemabaharuan ilmu terkait media baru instagram. Selain itu, pemahaman tentang motif yang pemenuhan kebutuhan akan media ini bisa dimanfaatkan oleh para produsen media untuk memproduksi suatu konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.
 
Kata Kunci : Instagram, Motif, Akun Gosip, Penggunaan Media
 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Pernyataan.pdf
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos., M.LMEd, Hons
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP