Penulis Utama : Prihatin Nuryani
NIM / NIP : H0813143
×

Pertanian merupakan salah satu sektor   yang sangat penting dalam menopang perekonomian nasional. Selain berperan dalam memenuhi kebutuhan akan beras pertanian juga menjadi salah satu sektor   penyerap tenaga kerja. Salah satu komoditas pertanian yang diharapkan dapat mengalami peningkatan dalam hal jumlah produksi dan pendapatan adalah padi. Keberlanjutan produksi padi sangat penting untuk dijaga mengingat perannya sebagai pangan pokok dan merupakan komoditas strategis dalam menjaga  ketahanan  pangan.  Salah  satu jenis padi  yang  saat  ini  memiliki potensi untuk dikembangkan adalah padi hitam. Oleh karena itu, pemilihan penggunaan faktor produksi yang optimal dan efisien dalam usahatani sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi padi hitam di Kabupaten Karanganyar dan mengetahui apakah usahatani padi hitam di Kabupaten Karanganyar sudah efisien.

Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu Kabupaten Karanganyar karena sektor pertanian merupakan sektor primer dan produksi terbesarnya adalah padi. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis fungsi produksi Cobb-Douglas untuk mengetahui faktor produksi yang berpengaruh terhadap jumlah produksi padi hitam, (2) Analisis Efisiensi mengetahui apakah usahatani padi hitam di Kabupaten Karanganyar sudah efisien.

Hasil  penelitian  menunjukkan:  faktor  produksi  yang  berpengaruh nyata    terhadap hasil produksi usahatani padi hitam di Kabupaten Karanganyar adalah Benih, Pupuk Kandang, Penguasaan Lahan dan Penggunaan Pupuk Kimia, sedangkan faktor produksi Tenaga Kerja, Sistem Tanam dan Musim Tanam tidak berpengaruh nyata terhadap hasil produksi usahatani padi hitam. Usahatani padi hitam di Kabupaten Karanganyar belum efisien.

×
Penulis Utama : Prihatin Nuryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813143
Tahun : 2019
Judul : Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usahatani Padi Hitam di Kabupaten Karanganyar.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Pertanian-Program Studi Agribisnis-H0813143-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://Ir. Agustono, M.Si
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, MS
2. Ir. Agustono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.