Penulis Utama : Ema Nur Fitriana
NIM / NIP : S521708001
×

Abstrak

Latar belakang. Universal Health Coverage (UHC) membutuhkan pendekatan komprehensif  dengan  pemberian  layanan  kesehatan, pembiayaan kesehatan,  dan ekonomi politik dan proses kebijakan. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan kebijakan kesehatan Indonesia dalam rangka mencapai tujuan universal health coverage (UHC). Kabupaten Wonogiri merupakan   Kabupaten   dengan cakupan terendah (56,19%) di wilayah Surakarta.
Tujuan.  Mengeksplorasi  faktor-faktor  yang mempengaruhi  capaian  peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) di Kabupaten Wonogiri.
Metode Penelitian. Penelitian kualitatif dilakukan pada September 2018-Februari 2019 di Kabupaten Wonogiri. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, focus group discussion (FGD), dan analisis dokumen. Informan penelitian pada dua kabupaten/kota terdiri dari 5 orang unsur pimpinan organisasi perangkat daerah serta masyarakat. Peneliti melakukan analisis model salin terjalin pada transkrip wawancara. Hasil  Penelitian.   Perjalanan capaian peserta Jaminan Kesehatan di Kabupaten Wonogiri mengalami banyak hambatan antara lain hambatan faktor politik, validitas data yang kurang terjamin, demografi penduduk Wonogiri dengan variasi yang besar, kurangnya  kesadaran  masyarakat,  luas  wilayah, kondisi geografis, dan  kurangnya sosialisasi. Masing-masing   aktor   memiliki   peran dalam menerapkan strategi peningkatan capaian peserta JKN di Kabupaten Wonogiri.
Kesimpulan. Faktor politik, sosial, lingkungan, dan informasi merupakan faktor yang mempengaruhi capaian jaminan kesehatan di Kabupaten Wonogiri.

Kata Kunci : Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Universal Health Coverage (UHC)

×
Penulis Utama : Ema Nur Fitriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521708001
Tahun : 2019
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capaian Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S521708001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr, MPH, Ph.D.
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.