Penulis Utama : Alpiana Sekar Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0413004
Tahun : 2017
Judul : Kualitas Air dan Struktur Komunitas Zooplankton pada Sungai Pepe Wilayah Colomadu Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Biologi-M0413004-2017
Subyek : STRUKTUR KOMUNITAS, ZOOPLANKTON, SUNGAI PEPE COLOMADU KARANGANYAR, KUALITAS AIR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Zooplankton adalah salah satu komponen dalam rantai makanan yang diukur dalam kaitan dengan nilai produksi suatu ekosistem. Hal ini dikarenakan zooplankton berperan ganda baik sebagai konsumen satu maupun konsumen dua dan merupakan rantai penghubung di antara plankton dan nekton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas zooplankton dan kualitas air di Sungai Pepe wilayah Colomadu Karanganyar.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data secara observasi di lapangan. Metode pengumpulan data dengan metode purposive random sampling. Pengambilan sampel dilakukan di Sungai Pepe wilayah Colomadu Karanganyar pada tiga stasiun, yaitu desa Gawanan, desa Gedongan dan desa Klodran serta pengamatan di setiap stasiun terdiri atas tiga sub stasiun. Pengamatan data meliputi kepadatan, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman dan indeks dominansi. Kualitas air yang diukur meliputi parameter fisika dan kimia, dimana parameter fisika dan kimia yang diukur secara in-situ adalah suhu, pH dan DO. Analisis parameter yang dilakukan di laboratorium adalah COD, BOD, TDS dan TSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor suhu, TSS, TDS, pH, DO dan COD berada di bawah standar baku mutu air kelas II, sedangkan faktor BOD sudah berada di atas standar baku mutu air kelas II berdasarkan PPRI No. 82 Tahun 2001. Keanekaragaman zooplankton di perairan Sungai Pepe wilayah Colomadu Karanganyar dalam keadaan kestabilan sedang atau mengalami pencemaran sedang (1?H’?3). Keseragaman zooplankton di perairan Sungai Pepe wilayah Colomadu Karanganyar termasuk dalam keadaan tinggi (E>0,6). Dominansi zooplankton di perairan Sungai Pepe wilayah Colomadu Karanganyar termasuk dalam keadaan rendah dengan nilai Indeks Dominansi rendah (D<0>

Kata Kunci : Struktur komunitas, zooplankton, Sungai Pepe Colomadu Karanganyar, kualitas ai

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Dapus.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sunarto M.S.
2. Tjahjadi Purwoko S.Si, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA