Penulis Utama : Angga Prastyo Wisnuaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508009
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Recovery Pasca Latihan Interval Anaerob Terhadap Kadar Asam Laktat Ditinjau dari Vo2max (Studi Eksperimen Metode Recovery Contrast Bath dan Pre Neuromuscular Facilitation Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 4 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Keolahragaan-A121508009-2017
Subyek : RECOVERY, CONTRAST BATH, PNF, VO2MAX, INTERVAL ANAEROB, ASAM LAKTAT.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode recovery contrast bath dan pre neuromuscular facilitation pasca  latihan interval anaerob terhadap kadar asam laktat, (2) Perbedaan kadar asam laktat antara VO2Max tinggi dan rendah, dan (3) Pengaruh interaksi antara metode recovery dan VO2Max terhadap kadar asam laktat.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 4 Surakarta. Sampel terdiri dari 32 siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 8 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes MFT untuk VO2Max dan menggunakan Accutrend plus untuk kadar asam laktat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah ANAVA Dua Jalan dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh metode recovery contrast bath dan PNF terhadap kadar asam laktat. Metode recovery contrast bath memiliki nilai rata-rata penurunan kadar asam laktat sebesar 4.58, sedangkan metode stretching pre neuromuscular facilitation (PNF) sebesar 3.91. Perbedaan tersebut signifikan karena nilai P < ? (0.00<0> ? (0.57 > 0.05) dengan Fobservasi 0.31.

Kesimpulan  penelitian  ini  adalah:  (1)  Ada  perbedaan  pengaruh  metode recovery contrast bath dan pre neuromuscular facilitation (PNF) pasca latihan interval anaerob terhadap kadar asam laktat. Metode recovery contrast bath lebih cepat menurunkan kadar asam laktat dibandingkan dengan metode PNF. Penurunan kadar asam laktat menggunakan metode contrast bath lebih baik dengan selisih penurunan 0.67 dari metode PNF. (2) Ada perbedaan kadar asam laktat antara siswa yang memiliki VO2Max tinggi dan VO2Max rendah. Penurunan kadar asam laktat pada siswa yang memiliki VO2Max tinggi lebih cepat dibandingkan siswa yang memiliki VO2Max rendah. Penurunan kadar asam laktat kelompok yang memiliki VO2Max tinggi lebih baik dengan selisih penurunan 0.47 dari kelompok VO2Max rendah. (3)   Tidak ada pengaruh interaksi antara metode recovery dan VO2Max terhadap kadar asam laktat. Metode recovery contrast bath lebih cepat menurunkan kadar asam laktat pada siswa yang memiliki VO2Max tinggi maupun rendah.

Kata Kunci: recovery, contrast bath, PNF, VO2Max, interval anaerob, asam laktat.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Dapus.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes,dr., SU, AIFO, MARS
2. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana