Penulis Utama : Ridha Fajar Kumara
NIM / NIP : C1014040
×

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang tindak tutur kalimat interogatif dalam buku ALN Jilid 2 dan 3. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini yaitu teks percakapan pada buku ALN jilid 2 dan 3. Penelitian ini bertujuan untuk menyebutkan kata tanya dan fungsinya terkait dengan konteks situasi yang digunakan dalam kalimat interogatif. Adapun tujuan lain yaitu mendeskripsikan maksud dari tuturan kalimat interogatif dalam buku tersebut. Penyediaan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data penelitian ini yaitu metode padan, kemudian teknik yang digunakan yaitu pilah unsur penentu dengan teknik lanjutan HBS.
Kata tanya yang digunakan dalam kalimat interogatif pada populasi data sebanyak 135 data. Penggunaan kata tanya istifh?m dalam kalimat interogatif, yaitu: dengan menggunakan kata tanya hamzah sebanyak 4 data untuk menanyakan tashdiq sebanyak 3 data dan untuk menanyakan tashawwur sebanyak 1 data, kata tanya hal sebanyak 35 data untuk menanyakan tashdiq, kata tanya man sebanyak 7 data untuk menanyakan makhluk yang berakal, kata tanya mat? sebanyak 10 data untuk menanyakan waktu, kata tanya m? sebanyak 49 data untuk menanyakan makhluk yang tidak berakal, kata tanya kaifa sebanyak 5 data untuk menanyakan keadaan, kata tanya aina sebanyak 9 data untuk menanyakan tempat, kata tanya kam sebanyak 11 data untuk menanyakan bilangan, kata tanya ayyu sebanyak 5 data untuk menanyakan tempat, keadaan dan makhluk yang tidak berakal. Selain itu, salah satu kata tanya yang tidak digunakan dalam pembentukan kalimat interogatif yaitu kata tanya anna dan ayyana. Adapun tuturan kalimat interogatif yang tidak menggunakan kata tanya tetapi menggunakan tanda tanya sebanyak 11 data.
Dalam penelitian ini, makna yang terkandung di dalam tuturan kalimat interogatif berupa makna chaqiqi dan majazi. Makna chaqiqi yang terdapat dalam buku pembelajaran bahasa Arab sebanyak 141 data, sedangkan makna majazi terdapat satu data yang digunaan untuk penegasan suatu tuturan.
Kata kunci: Tindak Tutur, Kalimat Interogatif, Kata Tanya, Pragmatik,  Al-‘Arabiyyah lin-N?syi’% dan

×
Penulis Utama : Ridha Fajar Kumara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014040
Tahun : 2018
Judul : Tindak Tutur Kalimat Interogatif dalam Buku Al-‘Arabiyyah Lin-N?syi’% dan Jilid 2 dan 3 (Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Arab-C1014040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Yanti Nurul Hidayati, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.