Penulis Utama : Wahyu Tri Saputro
NIM / NIP : K5613081
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh latihan Incline Push-Up Depth Jump dan Dynamic Box Push-Up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017; (2) Latihan yang baik pengaruhnya antara latihan Incline Push-Up Depth Jump dan Dynamic Box Push-Up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek yang digunakan dalam  penelitian ini adalah siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017. Jumlah siswa adalah 20 siswa, 20 subjek dijadikan sampel penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data peningkatan power lengan. Tes dan Pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan melakukan tes power (Two-Hand Medicine Ball Put). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedan (uji-t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan incline push-up depth jump dan dynamic box push-up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017, dengan thitung = 2,331 > ttabel = 2,262; (2) latihan incline push-up depth jump lebih baik dan efektif pengaruhnya dibandingkan dengan latihan dynamic box push-up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017, dengan peningkatan incline push-up depth jump = 7,3189% > latihan dynamic box push-up = 3,9623%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh latihan incline push-up depth jump dan dynamic box push-up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017, dengan thitung = 2,331 > ttabel = 2,262; (2) latihan incline push-up depth jump lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan latihan dynamic box push-up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat Perisai Diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017, dengan peningkatan incline push-up depth jump = 7,3189% > latihan dynamic box push-up = 3,9623%.

Kata Kunci: Pencak Silat, incline push-up depth jump, dynamic box push-up, peningkatan power lengan

 

×
Penulis Utama : Wahyu Tri Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613081
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan pengaruh latihan plyometric incline push-up depth jump dan dynamic box push-up terhadap peningkatan power lengan pada siswa extrakurikuler pencak silat perisai diri SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Kepelatihan Olahraga-K5613081-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes.,Ph.D.,
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd.,M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.